Keajaiban Tali Pusat

Posted by Ajeng 27/01/2015 0 Comment(s)

Mayoritas masyarakat pasti tahu tentang tali pusat atau pun ari – ari. Namun, hanya sedikit yang mengetahui secara pasti tentang manfaatnya bagi kesehatan. Tali pusat merupakan jaringan pengikat yang menghubungkan plasenta / ari – ari dan janin. Saat didalam kandungan tali pusat berfungsi menjaga kelangsungan hidup dan memfasilitasi pertumbuhan janin. Setelah tali pusat dan ari- ari keluar bersama dengan bayi dari dalam rahim secara  medis darah tali pusat adalah sumber penyembuhan untuk berbagai penyakit.

Darah tali pusat kini dapat menjadi harapan baru bagi penderita leukemia, serangan jantung, stroke, dan diabetes mellitus yang kemudian bisa sembuh melalui transplantasi sel induk darah tali pusat. Mengapa demikian? Sel darah tali pusat yang diambil sesaat setelah bayi lahir merupakan sel induk yang mampu membelah diri, berdiferensiasi, dan tumbuh menjadi berbagai sel dan jaringan. Dengan proses yang terkendali, perkembangan sel induk dapat diarahkan menjadi sel atau jaringan tertentu seperti sel darah, jaringan otot jantung, jaringan saraf, dan kelenjar pankreas.

Tidak hanya itu kelebihan yang dimiliki darah tali pusat,  sel induk darah tali pusat juga dapat memperlambat proses penuaan, lebih aman jika terjadi ketidakcocokan transplantasi sel induk, mudah dalam pengambilan, dan selalu tersedia. Bahkan sel induk darah tali pusat lebih mampu berperan menyembuhkan penyakit dibandingkan dengan sel induk sumsum tulang belakang.

Sel darah tali pusat tidak hanya digunakan untuk kesembuhan si anak sendiri, namun juga dapat memberikan kesembuhan kepada anggota keluarga yang lain. Begitu banyaknya keajaiban dari sel darah tali pusat ini saat digunakan untuk transplantasi maka tidak perlu harus sangat cocok seperti halnya transplantasi sel induk dari sumsum tulang orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh sifat dari sel – sel induk darah tali pusat yang kurang matang sehingga kecil kemungkinan tubuh pasien yang melakukan transplantasi untuk menolaknya.

Anda dapat menyimpan darah tali pusat bayi yang baru lahir pada Bank Darah Tali Pusat. Jadi, jika suatu saat diperlukan untuk pengobatan, maka sel setiap saat dapat diambil untuk proses menjadi sel induk.

Leave a Comment