Ayah Harus Sadar ASI Juga Lho!

Posted by Vini 06/02/2015 0 Comment(s)

Tidak perlu bingung Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli susu formula selama Anda selalu siap sedia ASI untuk si kecil. Tidak ada istilah mahal untuk memberi si kecil asupan gizi lengkap karena Tuhan telah menganugerahkan sepasang payudara untuk memproduksi ASI yang merupakan makanan sehat sempurna bagi bayi.

Ayah memang tidak memberikan ASI secara langsung kepada bayinya, namun peran ayah sangatlah penting. Ayah yang mengerti tentang pentingnya ASI pasti akan memberikan dukungan yang kuat terhadap istrinya untuk memberikan ASI secara maksimal. Banyak pihak yang dapat merasakan manfaat ASI. Tidak hanya bayi tetapi juga ibu. Dengan menyusui ibu dapat terhindar dari risiko kanker payudara dan ovarium.

Para ahli menyatakan bahwa seorang ayah yang selalu meberikan dukungan ibu untuk menyusui bayinya, ia mampu menciptakan susana harmonis antara ayah, ibu, dan bayi. Hal yang perlu ayah lakukan untuk mendukung pemberian ASI dimulai dengan menggendong bayi setiap kali akan disusui oleh ibunya. Saat menggendongnya berikan sentuhan kasih sayang. Menurut seorang konsultan laktasi di California bernama Denise Parker, bayi – bayi baru lahir sangat haus akan sentuhan. Sentuhan akan memberikan kehangatan bagi bayi dan ketenangan. Ibu pun akan merasa senang dan hangat. Dari sinilah kedekatan emosional yang harmonis terjalin antara ayah, ibu, dan anak.

Semakin dini dukungan diberikan, semakin baik dalam kelancaran program pemberian ASI. Pemberian dukungan dan semangat sangat berpengaruh dalam proses menyusui. Ibu yang merasa didukung, diperhatikan, dicintai, dan dipedulikan akan memunculkan energi positif yang mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin yang berperan dalam produksi ASI.

Selain itu, ayah juga harus memiliki pengetahuan tentang makanan yang tepat untuk ibu menyusui. Sehingga, suami akan lebih memperhatikan pola makan ibu demi kelancaran dan kualitas pemberian ASI. Kualitas ASI yang baik dipengaruhi makanan yang baik pula. Jadi, sudah jelas bahwa peran ayah sangat berpengaruh. Dengan sentuhan dan perhatian akan membuat masa depan buah hati menjadi lebih baik karena menerima asupan gizi terbaiknya.

Leave a Comment